Cara Upload Lagu ke Spotify Melalui Agregator Musik

Untuk sampai di pendengar, musisi di era digital semacam memiliki keharusan untuk mengupload & merilis lagunya di platform musik digital, misalnya Spotify, Resso, Joox, YouTube Music dan lain-lain. Itu karena saat ini streaming musik sudah menjadi media utama untuk meng-konsumsi musik ketimbang CD dan kaset tape.

Namun, karena alasan quality control, Spotify, Resso dan music platforms pada umumnya tidak bekerjasama langsung dengan band atau solois. Dalam pengelolaan katalog musik dan royaltinya, mereka bekerjasama dengan perusahaan pelaku musik, sebut saja; music aggregatormusic publisher, record label dan distributor musik.


Apa itu Agregator Musik?

Bersumber dari Netrilis;

Agregator musik atau Music Aggregator adalah sinonim dari Digital Music Distributor, yaitu perusahaan pengumpul atau penyedia konten untuk melengkapi katalog mitranya. help.netrilis.com

Maka, penting untuk diketahui bahwa pihak yang bertugas memasukan lagu ke platform digital bukan publisher, melainkan agregator musik atau distributor musik digital.


Memilih Agregator Musik Terbaik

Ada banyak music distribution services manca sampai dengan agregator musik Indonesia. Yang sering terdengar misalnya Distrokid, CDBaby, Tunecore, Netrilis, dll. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan agregator untuk merilis karya musik adalah;

  • Layanan
    pastikan layanannya sesuai yang dibutuhkan. Misalnya; apakah perusahan itu hanya khusus agregator Spotify atau juga merilis lagu ke berbagai platform musik online lainnya, apakah termasuk melindungi karya musik di internet, apakah cara upload lagunya mudah, dll.

  • Biaya
    mungkin ada beberapa agregator musik gratis. Tapi bisa dianalisis juga, kenapa gratis? dan jika berbayar, pastikan biayanya sebanding dengan layanannya.

  • Reputasi
    tentu saja musisi memilih bekerjasama dengan perusahaan terpercaya untuk mengelola karya musiknya, jadi bisa dipelajari dulu profil perusahaan sampai dengan jumlah rilisannya. Manfaatkanlah browsing, membaca Wikipedia dan jelajah online untuk mengenalinya.

  • Support
    bagaimana dukungannya, apakah menyediakan halaman FAQ dan pusat bantuan rilis atau tidak? apakah mendukung bahasa Indonesia, serta berbagai bentuk dukungan online yang bersifat memudahkan musisi independent tanpa harus berkontak dengan timnya.

Cara Upload Lagu ke Spotify

Berikut adalah tutorial cara mudah upload lagu ke platform musik digital;

  1. Kunjungi website agregator musik
    kemudian temukan halaman sign-up/daftar atau submission. Jika tidak perlu sign-up (misalnya Netrilis), maka bisa langsung melakukan submisi/pengajuan.

  2. Isi kelengkapan info karya musik
    beberapa agregator memiliki panduan lengkap semacam style guide atau pedoman rilis.

  3. Upload Artwork (sampul album/single)
    pastikan berbentuk square (kotak), karena aplikasi music streaming hampir semuanya hanya mendukung ukuran sampul berdimensi persegi.

  4. Upload lagu (file audio)
    siapkan file audio yang sudah hasil mixing dan mastering akhir agar tidak di reject oleh agregator karena alasan quality control.

  5. Mempromosikan lagu yang sudah tersedia di platform musik
    beberapa agregator memiliki proses distribusi yang cepat, misalnya Netrilis, hanya membutuhkan waktu 4 s/d 7 hari untuk tayang di Spotify. Dengan begitu, pastikan telah mempersiapkan strategi promosi untuk mendukung proses rilis digital tersebut.


Setelah lagu sudah rilis dan tersedia di berbagai gerai musik digital, tidak kalah penting untuk mengikuti berita musik di nextsongs.id, untuk tetap update tentang kabar, rumor dan isu terbaru di industri musik, platform musik digital, mp3 music sites, pemutar music online serta kategori berita yang mewakili bagaimana teknologi mempengaruhi music industry hari ini.


Labels